Monday, January 5, 2015

Doa Seorang Anak Yang Belum Baligh Adalah Doa Yang Mustajab.


Doa yang mustajab adalah doa yang cepat dikabulkan oleh Allah, sehingga setiap muslim memiliki mimpi agar doa yang dipanjatkan adalah doa yang mustajab. Namun, tidak mudah agar doa kita menjadi mustajab, atau bisa dikatakan “sulit”. Meski demikian, tahukah kita bahwa setiap hari kita bertemu dengan pemilik doa yang mustajab? Hal ini telah dituturkan oleh Khalifah Islam pertama, Amirul Mu’minin Umar bin Khattab.

Berikut kisahnya.
Suatu ketika salah satu sahabat Rasulullah, Umar bin Khattab ra melihat seorang bocah sedang berjalan kaki, di salah satu jalanan Madinah. Kemudian Umar bin Khattab membungkuk kepada bocah tersebut seraya berkata:
“Berdoalah kepada Allah SWT, (Dialah) yang Maha Penyayang dan untuk menyayangi kita.”

Kemudian ada seorang sahabat yang bertanya kepada Umar bin Khattab ra:
“Wahai Amirul Mu’minin (Umar bin Khattab), apakah engkau memohon (meminta) kepada seorang bocah (anak yang belum baligh) untuk mendoakanmu, sedangkan engkau sendiri (Umar bin Khattab) termasuk salah satu dari sepuluh orang yang telah diberi kabar gembira (yakni) masuk surga?”

Umar bin Khattab ra kemudian menjawab:
“Ya, aku telah meminta doa kepadanya (anak yang belum baligh). Karena anak ini masih belum baligh dan qalam masih belum berlaku untuknya, sehingga doa anak yang belum baligh ini mustajab. Sedangkan kita sudah dewasa dan qalam telah menulis (dosa) untuk kita.” (Dalil As-Sa’ilin, Anas Ismail Abu Daud, halaman 257).


Semoga bermanfaat...

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Catatan Terbaru

Blogger templates