Tuesday, January 6, 2015

Rumah Yang Kosong Dari Dzikrullah


Abu Musa al-Asy’ari ra mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:
“Perumpamaan antara rumah yang didalamnya ada dzikrullah dan rumah yang tidak diisi dengan dzikrullah bagaikan orang yang hidup dengan orangyang mati.” (HR. Muttafaq ‘alaih).

Orang yang hidup secara lahiriah dia diliputi oleh cahaya kehidupan dan padanya terlihat gerak-gerik yang sempurna sesuai dengan kehendak Allah. Sementara itu, ruhaninya sarat dengan cahaya ilmu, hikmah dan makrifah sehingga hatinya tetap berada dalam alam kesucian. Sebaliknya, pribadi yang tidak berdzikir memiliki sisi jasmani yang gelap dan batin yang rusak. Karena itu hendaklah kita usahakan agar hati tidak melalaikan Allah walaupun sekejap sehingga tidak akan ada penyesalan di kemudian hari.

Abu Hurairah dan Abu Sa’id mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Tidaklah suatu kaum berkumpul untuk melakukan dzikrullah melainkan malaikat akan hadir bersama mereka dan rahmat akan menyelimuti mereka. Kepada mereka, akan turun sakinah, dan Allah akan menyebut mereka sebagai golongan orang-orang yang berada disisi-Nya.” (HR. Ahmad dan Muslim).

Hal penting yang perlu disadari bahwa Allah SWT telah banyak menganjurkan hamba-Nya untuk senantiasa berdzikir kepada-Nya. Anjuran yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah dengan mengingat nama-Nya sebanyak-banyaknya dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang..” (QS. Al-Ahzaab: 41-42)

Bacalah kitab (Al Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakalah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dan ketahuilah mengingat Allah (shalat) itu lebih besar keutamaannya dari ibadah yang lain. Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan..” (QS. Al-Ankabuut: 45).

Orang yang senantiasa melakukan dzikrullah dan senang terhadapnya memiliki empat keistimewaan yang tidak akan dimiliki oleh orang lain, yaitu malaikat rahmat turun kepadanya, rahmat menyelimutinya, sakinah menyertainya dan namanya akan disebut-sebut Allah di tengah-tengah makhluk yang berada di sisinya.

Oleh karena itu marilah isi rumah kita dengan selalu melaungkan dzikrullah dan shalat serta membaca Al Qur’an dan menjadikannya sebagai sarana majelis dzikrullah. Semoga Allah selalu mencurahkan rahmat-Nya kepada kita.

Semoga bermanfaat...


0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Catatan Terbaru

Blogger templates